Articles in Category: Berita Pengadilan

Ikrar Maklumat Ketua Mahkamah Agung R.I Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2017

10:Dec

 Senin, 10 Desember 2018 Pengadilan Negeri Malinau melaksanakan pengucapan Ikrar untuk mentaati dan melaksanakan isi Maklumat Ketua Mahkamah Agung R.I Nomor 01/Maklumat/KMA/IX/2017, tentang pengawasan dan pembinaan Hakim, Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya.

Pembacaan Ikrar dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Malinau Bapak Andry Simbolon, S.H., M.H. yang diikuti oleh para Hakim maupun pejabat Struktural dan Fungsional Pengadilan Negeri Malinau secara bersama-sama, setelah pengucapan ikrar, dilanjutkan dengan penandatanganan Ikrar Bersama secara bergantian.

Galeri

Upacara Peringatan HUT KORPRI ke 47 Tahun 2018

29:Nov

Menindaklanjuti Surat Edaran Korps Pegawai Republik Indonesia Dewan Pengurus Nasional Nomor : SE - 12/KU/IX/ 2018 tentang HUT ke - 47 KORPRI Tahun 2018. Sekretaris Mahkamah Agung menginstruksikan seluruh pengadilan pada empat lingkungan di seluruh Indonesia untuk menyelenggarakan upacara bendera pada hari Kamis tanggal 29 November 2018.

 

Bertempat di Lapangan Upacara Pengadilan Negeri Malinau, upacara bendera dilaksanakan dihadiri oleh para Hakim, para Pejabat Struktrural dan Fungsional serta Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Malinau. Bertindak sebagai Inspektur upacara yaitu Wakil Ketua Pengadilan Negeri Malinau Bapak Andry Simbolon, S.H., M.H. Upacara bendera ini mengusung tema "KORPRI : MELAYANI, BEKERJA, DAN MENYATUKAN BANGSA".

Galeri

Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke - 73 Tahun 2018

12:Nov

Pengadilan Negeri Malinau melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan ke – 73 tahun 2018 dengan tema “Semangat Pahlawan Di Dadaku” yang dilaksanakan di halaman upacara kantor Pengadilan Negeri Malinau yang diikuti oleh Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta tenaga honorer.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bapak Yulianto Thosuly, S.H. Upacara diawali dengan laporan dari Komandan Upacara dan penghormatan kepada Inspektur Upacara, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta selama 60 detik dipimpin oleh Inspektur Upacara dengan diiringi lagu mengheningkan cipta untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara, dilanjutkan pembacaan Pancasila, pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan pesan-pesan Pahlawan / kata-kata mutiara, Amanat Inspektur Upacara yang isinya Amanat dari Menteri Sosial Republik Indonesia dan ditutup dengan Do’a.

Galeri

Ketua Mahkamah Agung Resmikan 85 Pengadilan Baru di Melonguane

22:Okt

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H meresmikan pengoperasian 85 pengadilan baru di Melonguane Kabupaten Talaud, pada Senin 22 Oktober 2018. Acara peresmian tersebut sengaja di selenggarakan di Melonguane sebagai salah satu kota yang terletak di wilayah terluar Indonesia.

Sebelumnya Kabupaten Talaud dengan ibu kita Melonguane termasuk dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Tahuna di Kabupaten Sangihe, padahal antara Kabupaten Talaud dengan Kabupaten Sangihe terpisah oleh laut. Dua Kabupaten tersebut hanya bisa ditempuh dengan transportasi udara dengan rute Talaud-Manado-Sangihe sehingga masyarakat yang berdomisili di Kota Melonguane untuk bisa datang ke Pengadilan Negeri Tahuna harus terbang naik pesawat ke Manado terlebih dahulu baru terbang lagi ke Kabupaten Sangihe tempat Pengadilan Negeri Tahuna berada. Sekarang dengan berdirinya Pengadilan Negeri Melonguane, maka masyarakat yang tinggal di Kabupaten Talaud tidak perlu lagi harus menggunakan pesawat untuk datang ke Pengadilan.

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H mengatakan bahwa terbentuknya pengadilan baru tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan peradilan di suatu daerah yang wilayah administratifnya mengalami pemekaran, namun yang lebih penting adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan yang domisilinya jauh dari lokasi pengadilan. Kendala geografis diwilayah-wilayah tertentu seringkali menyulitkan bagi para pencari keadilan untuk bisa datang langsung ke pengadilan, baik karena jarak antara pengadilan dengan tempat tinggal para pencari keadilan yang sangat jauh atau disebabkan karena kondisi alam yang sulit dilalui oleh alat transportasi, baik darat laut maupun udara, sehingga pada daerah-daerah tertentu untuk bisa sampai ke pengadilan memerlukan perjuangan yang sangat berat dan biaya yang cukup besar.

Berdasarkan Pasal 28D ayat (1) UUD 1945 menyebutkan bahwa Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum. Ketentuan tersebut memberikan konsekuensi bahwa Negara wajib untuk menyediakan sarana dan fasilitas bagi warga Negara untuk dapat memperoleh layanan hukum dan keadilan. Dalam rangka menjalankan amanat konstitusi untuk menjangkau akses keadilan bagi masyarakat dan pencari keadilan di daerah-daerah yang jauh dari lokasi pengadilan, maka dibentuk 85 pengadilan baru agar lebih memudahkan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan hukum dan keadilan.

Ketua Mahkamah Agung berharap dengan berdirinya pengadilan-pengadilan baru tersebut dapat memberikan kemudahan bagi seluruh lapisan masyarakat, agar dapat mewujudkan prinsip penyelenggaraan peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan.

Pembinaan, Pengawasan dan Surveillance Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur pada Pengadilan Negeri Malinau

10:Okt

Senin 8 Oktober 2018, Pengadilan Negeri Malinau kedatangan tim Akreditasi Penjaminan Mutu dari Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur yang diketuai oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur Bapak Dr. H. Soedarmadji, S.H., M.Hum., didampingi oleh Bapak H. Sulthoni, S.H., M.H. selaku Hakim Tinggi Pengawas, Bapak Badrun Zaini S.H., M.H., selaku Hakim Tinggi Pengawas, Bapak A. Khaidarsyah, S.H. selaku Kabag Umum dan Keuangan Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur, dan Bapak Muhadi, S.E. selaku pengadmistrasi umum pada Sub Bagian Kepegawaian dan TI Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur.

Agenda kedatangan tim dari Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur adalah untuk melaksanakan fungsi Pembinaan, Pengawasan, dan Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Negeri Malinau. Kegiatan Penjaminan Mutu tersebut merupakan tugas dari Tim Akreditasi Penjamin Mutu (TAPM) yang sebelumnya telah melaksanakan asesmen dan memberikan nilai akreditasi “A” (Excellent) kepada Pengadilan Negeri Malinau.

Agenda seluruh kegiatan ditutup pada tanggal 10 Oktober 2018 dengan membacakan hasil audit dan diakhiri dengan serah terima berkas dokumen hasil audit kepada Wakil Ketua Pengadilan Negeri Malinau

Galeri

Olahraga Senam Pagi Pengadilan Negeri Malinau

21:Sep

Tepat pukul 08.00 WITA Pengadilan Negeri Malinau mengadakan olahraga senam pagi di halaman depan kantor Pengadilan Negeri Malinau. Senam Pagi bermanfaat menjaga metabolisme tubuh agar terhindar dari penyakit dan menjaga kesegaran jasmani dan rohani. Dengan pelaksanaan olahraga senam pagi tersebut diharapkan dapat menjaga kondisi tubuh seluruh pegawai Pengadilan Negeri Malinau agar  tetap fit dan bugar dan dapat melaksanakan seluruh kegiatan pekerjaan dengan optimal.

Galeri

MOTTO KAMI :

PROFESIONAL, AKUNTABLE, SELEKTIF, TRANSPARAN, INOVATIF

(PASTI)